Manajemen cinta (idariyatul mhabbah)
Saatnya membicarakan cinta ?
Adakah manusia yg tidak memiliki cinta ? siapa yang tidak pernah merasakan keindahan dan keajaiban cinta? Cinta selalu ada di hidup manusia,dan bertolak belakang dengan benci
Banyak para pujangga yang berbicara tentang cinta tapi tidak ada satupun yang mampu membuktikan mengapa cinta itu indah. Cinta itu terkadang mengerikan tetapi dibalik itu cinta juga bisa membawa senyuman dan rasa rindu.
Cinta bisa juga menjadi mengerikan disaat ada manusia yang bunuh diri atau membunuh orang lain karena cinta. Tetapi semua itu bukan kesalahan cinta, manusia lah  yang bisa mengendalikan cinta atau malah akan cinta yg mengusai diri manusia sehingga manusia berpikir pendek.
Ø  Macam-macam cinta
·         Cinta terhadap Tuhan
Ini adalah cinta yang tertinggi dan mulia yaitu cinta kepada Allah. Cinta yang mulia tidak dapat digantikan oleh apapun, tidak cukup hanya pengakuan dimulut tetapi juga pembuktian.
·         Cinta natural
Cinta ini adalah cinta yang ada pada manusia. Cinta ini dititipan Allah kepada hati manusia dan hendaknya tidak melebihi Cinta kepada Allah. contoh cinta ini adalah cinta kepada isteri,suami,anak,orangtua,saudara,kawan,dan lainnya
·         Cinta merusak
Ini adalah cinta yang tingkatan paling rendah karena mencintai kemaksiatan dan membanggakannya. Tidak malu untuk melakukan zinah,mencuri,mabuk,dan lainnya. Pada cinta ini manusia tidak ada bedanya dengan hewan bahkan yang lebih sesat lagi.
Tanda-tanda orang jatuh cinta           :
1.       Banyak mengingat dan menyebut nama yang dicintai
2.      Ridha terhadap apa yang diperbuatnya. Tidak marah walau itu perbuatan yang menyakitkan
3.       Mengagumi yang dia cintai
4.      Takut ia pindah ke lain hati
5.      Memberi pengorbanan untuknya bahkan nyawa
6.       Penuh pengharapan bisa sehidup semati dengannya
7.      Menaatinya apa yang dia cintai inginkan

0 komentar:

Posting Komentar