SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN : MODEL DAN PENDUKUNG

Sistem adalah kumpulan dari obyek-obyek seperti orang, resources, konsep, dan prosedur yang ditujukan untuk melakukan fungsi tertentu atau memenuhi suatu tujuan.
Koneksi antara dan interaksi diantara sub sistem disebut dengan antarmuka/interface. Sistem terdiri dari: Input, Proses, dan Output.
Input adalah semua elemen yang masuk ke sistem. Contohnya adalah bahan baku yang masuk ke pabrik kimia, pasien yang masuk ke rumah sakit, input data ke komputer.
Proses adalah proses transformasi elemen-elemen dari input menjadi output.
Output adalah adalah produk jadi atau hasil dari suatu proses di sistem.
Feedback adalah aliran informasi dari komponen output ke pengambil keputusan yang memperhitungkan output atau kinerja sistem
Environment/lingkungan dari sistem terdiri dari pelbagai elemen yang terletak di luar input, output, atau pun proses. Contoh: sosial, politik, hukum, aspek fisik, dan ekonomi.

Sistem dan lingkungannya:

Sistem terbuka (Open System) sangat tergantung pada lingkungannya. Sistem ini menerima input (informasi, energi, material) dari lingkungannya dan bisa juga memberikan outputnya kembali ke lingkungan tersebut.
2 ukuran utama dari sistem adalah: efektivitas dan efisiensi.
  • Efektivitas adalah derajat seberapa banyak tujuan sistem tercapai. Ini mengacu pada hasil atau output dari suatu sistem. Doing the right thing.
  • Efisiensi adalah ukuran penggunaan input (atau resources) untuk mencapai tujuan; sebagai contoh, seberapa banyak


Model.

Karekteristik utama dari DSS adalah adanya kemampuan pemodelan. Model adalah representasi sederhana atau penggambaran dari kenyataan. Terdapat 3 jenis model:

1. Iconic (Scale). Replika fisik dari sistem, biasanya dalam skala tertentu dari bentuk aslinya. GUI pada OOPL adalah contoh dari model ini.

2. Analog. Tak seperti sistem yang sesungguhnya tetapi berlaku seperti itu. Lebih abstrak daripada model Iconic dan merupakan representasi simbolis dari kenyataan. Contoh: bagan organisasi, peta, bagan pasar modal, speedometer.

3. Matematis (Kuantitatif). Kompleksitas hubungan dalam sistem organisasi tak dapat direpesentasikan dengan Iconic atau Analog,

Keuntungan Model.

Di bawah ini adalah alasan utama mengapa MSS menggunakan model:

1. Biaya analisis model lebih murah daripada percobaan yang dilakukan pada sistem yang sesungguhnya.
2. Model memungkinkan untuk menyingkat waktu
3. Manipulasi model (perubahan variabel) lebih mudah dilakukan daripada bila diterapkan pada sistem nyata.
4. Akibat yang ditimbulkan dari adanya kesalahan-kesalahan sewaktu proses trial-and-error lebih kecil daripada penggunaan model langsung di sistem nyata.
5. Lingkungan sekarang yang makin berada dalam ketidakpastian.
6. Penggunaan model matematis bisa menjadikan analisis dilakukan pada kemungkinan- kemungkinan solusi yang banyak sekali, bahkan bisa tak terhitung
7. Model meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan pelatihan.

Proses Pemodelan.

Berikut ini adalah proses yang terjadi pada pemodelan:
Trial and error dengan sistem nyata. Tapi ini tak berjalan bila:
  • Terlalu banyak alternatif untuk dicoba. 
  • Akibat samping dari error yang terjadi besar pengaruhnya.
  • Lingkungan itu sendiri selalu berubah.
  • Simulasi
  • Optimisasi Heuristic.
Proses pengambilan keputusan.





Intellegence Phase. 
Proses yang terjadi pada fase ini adalah:
  • Menemukan masalah.
  • Klasifikasi masalah.
  • Penguraian masalah.Kepemilikan masalah.
Design Phase.

Tahap ini meliputi pembuatan, pengembangan, dan analisis hal-hal yang mungkin untuk dilakukan. Termasuk juga disini pemahaman masalah dan pengecekan solusi yang layak.

  • Tugas-tugas yang ada pada tahap ini merupakan kombinasi dari seni dan pengetahuan, yaitu: Komponen-komponen model. Struktur model.
  • Seleksi prinsip-prinsip pemilihan (kriteria evaluasi). Pengembangan (penyediaan) alternatif.
  • Prediksi hasil. 
  • Pengukuran hasil. 
  • Skenario.
The Choice Phase.

Pendekatan pencarian pilihan ada 2:
  • Teknis analitis. Menggunakan perumusan matematis.
  • Algoritma. Langkah demi langkah proses.
Perbedaan antara metode pencarian analitis, Blind, dan Heuristic disajikan pada diagram di bawah ini:



Sedangkan diagram proses yang menggunakan algoritma adalah:



Bagaimana Keputusan itu Didukung? Dukungan pada Intelligence Phase.

Di bawah ini adalah diagram dari dukungan DSS:


Dukungan pada Design Phase.

Di bawah ini adalah tabel elemen-elemen laporan:




Dukungan pada Choice Phase.

Suatu DSS menurut definisinya adalah merekomendasikan tetapi tidak membuat suatu pilihan.

DSS dapat mendukung choice phase melalui analisis what-if dan goal-seeking. Sedangkan suatu ES dapat digunakan untuk membantu solusi yang diharapkan sebagai rekomendasi pada solusi yang layak.

Dukungan pada Implementasi Keputusan.

Keuntungannya penggunaan DSS adalah dalam memberikan ketajaman dan detil dari analisis dan output yang dihasilkan. Kelebihan ES yaitu ia dapat berfungsi sebagai sistem penasehat berkaitan dengan implementasi masalah ini. Terakhir ES menyediakan training yang menjadikan segala yang diimplementasikan lebih mudah dan mulus.

Nama Kelompok :
  • Ratih Setyo Rini
  • M. Hafidz Kurnia
  • Zulkarnain
  • Dwi Handaru
  • Imam Suryono 
Kelas : 4KA40


0 komentar:

Posting Komentar